Memperingati Hari Sampah Nasional Sudut Lombok Mengadakan Clean Up Pantai

0
474

Pringgbaya – Minggu, 26 Februari 2016 Komunitas Sudut Lombok mengadakan sebuah acara bernama Ng-Camp Bareng Sudut Lombok dengan tema From Ketapang for Lombok. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati hari kesadaran sampah nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari kemarin.

Acara yang berlokasi di Pantai Tanjung Manangis Kecamatan Pringgabaya Lombok Timur ini, Sudut Lombok selaku penggagas acara sekaligus panitia acara mengadakan beberapa rangkaian acara sperti akustikan bareng, stand up seru, teatrikal dan acara inti yaitu clean up Pantai Tanjung Manangis. Acara ini idikuti oleh beberapa undangan sperti kelompok Pencinta Alam SMA Negeri 1 Pringgabaya, anggota pramuka dari beberapa SD dan SMP, dan anggota Saka Bahari kecamatan Pringgabaya.

16999123_1397302593647178_754908350326942804_n

Menurut founder Sudut Lombok Andriawan Abdi, acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang budaya wisata berkelanjutan. “objek wisata itu harus nyaman bagi pengunjung, dan salah satu hal yang menggagu kenyamana pengunjung adalah jumlah sampah, oleh karena itu masyarakat dan pemerintah harus berkolaborasi untuk menjaga kebersihan lingkungan objek iwsata. Maka kami memutuskan untuk mengadakan acara clean up ini supaya masyarakat sadar akan pentingnya keberishan lingkungan wisata. Jadi intinya adalah kami ingin mensosialisasikan kepada masyarakat tentang budaya menjaga lingkungan objek wisata melalui kegiatan bersih-bersih ini sehingga masyrakat sadar akan budaya berwisata yang berkelanjutan” ungkap Andri dalam sambutannya. Lebih lanjut Andri juga mengatakan bahwa acara ini dimaksudkan sebagai upaya untuk launching sederhana sebuah gerakan bernama Gerakan Baksampah untuk Lombok, sebuah gerakan penggalangan donasi untuk pembuatan baksampah bagi objek wista-objek wisata yang ada di Lombok. “selain itu acara ini merupakan upaya kami untuk memperkenalkan pertama kali gerakan sosial kami yang kami berinama Gerakan 1000 Baksampah untuk Lombok. Yaitu sebuah gerakan yang tujuan utamanya adalah untuk menyediakan ribuan baksampah bagi objek wisata di Lombok.” Sambungnya dalam sambutan saat acara.

16939497_1397302473647190_8641760741293887143_n

Sudut Lombok sebagai komunitas yang mempunyai fokus pada bidang sosial dan pariwisata sangat berharap acara ini bisa dilakukan ditahun-tahun selanjutnya dan tempat-tempat lainnya sehingga semakin banyak masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungan objek wisata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here