1000 BUKU UNTUK LOMBOK

6
1163

1000 BUKU UNTUK LOMBOK

Orang bijak banyak mengumpamakan “Buku adalah jendela dunia” yang tinjau dari segi makna secara tersirat menggambarkan bahwa, apabila kita ingin menambah wawasan, ilmu pengetahuan dan banyak hal lainnya tentang dunia maka kuncinya adalah dengan membuka buku dan tentu dengan membacanya.

Menciptakan budaya membaca di Indonesia pada umumnya dan daerah tertinggal atau terpencil pada khususnya seharusnya menjadi perhatian kita semua, karena sadar atau tidak budaya membaca dapat memberikan pengetahuan baru bagi masyarakat sehingga akan berdampak pada pola hidup masyarakat dan pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan tarap hidup dan atau kesejahteraan masyarakat.

Salah satu hal yang membedakan antara negara maju dan berkembang adalah budaya membaca dimana jika kita lihat di negara maju sebagian besar masyarakatnya mempunyai budaya membaca yang cukup kuat bahkan mereka menyediakan waktu khusus untuk membaca. Sementara jika kita di negara berkembang seperti Indonesia budaya membaca yang sangat rendah.

Rendahnya budaya membaca di Indonesia pada umumnya dan daerah tertinggal atau terpencil pada khususnya tentu disebabkan oleh banyak faktor diantaranya masih kurangnya sarana dan perasarana membaca bagi sebagian masyarakat di daerah-daerah tertinggal atau terpencil sperti yang terjadi di sebagian besar desa khususnya yang berada di plososk-plosok Lombok. Padahal jika kita tinjau lebih jauh lagi salah satu langkah awal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas hidup masyarakat adalah dengan membaca buku.

Sebagai bentuk kepedulian atas kondisi yang telah dijabarkan diatas sekelompok anak muda yang tergabung dalam “Sudut Lombok Community” mengadakan gerakan “1000 Buku Untuk Lombok” yang sekaligus merupakan kegiatan sosial pertama bagai SLC setelah resmi terbentuk pada tanggal 02 Mei 2016. Tujuan utama diadakan kegiatan ini adalah untuk membantu tersedianya sarana dan prsarana membaca buku guna menumbuhkan minat baca buku sedari kecildan mencerdaskan generasi Bangsa, khususnya bagi masyarakat pulau Lombok yang tinggal di daerah pedesaan dan daerah-daerah terpencil yang memiliki potensi wisata.

Gerakan “1000 Buku untuk Lombok” adalah gerakan pengumpulan buku-buku baru atau layak baca khususnya untuk anak-anak yang masih duduk di (SD, SMP, SMA), yang mana buku ini akan disalurkan ke beberapa desa-desa yang masih tertinggal di Pulau Lombok sekaligus pembentukan Taman Baca Sudut Lombok di desa terkait. Taman Baca ini nantinya akan di kelola oleh relawan SLC dengan harapan buku ini akan bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Tata cara donasi buku adalah:

  1. Hubungi anggota kami dibawah ini:
  • Luar Lombok    : 087786660671 a.n. Andri
  • Lombok Timur : 087763095062 a.n. Mari’a
  • Mataram      : 082340804988 a.n. Mirna
  • Lombok Barat : 082340392848 a.n. Ala
  • Lombok Tengah : 085338040955 a.n. Yuda
  • Yogyakarta : 081907288872 a.n. Ana
  1. Kirimkan buku yang akan didonasikan ke alamat anggota kami yang ada di daearah teman-teman setelah menkonfirmasi dan atau Kirimkan buku yang akan didonasikan ke sekertariat kami di Raya Labuhan Lombok Depan SDN 3 Apitaik, Dusun Bagek Kedok, Desa Apitaik, Kec. Pringgabaya Kab. Lombok Timur
  2. Datang langsung ke skretariat Sudut Lombok di Jl. Raya Labuhan Lombok Depan SDN 3 Apitaik, Dusun Bagek Kedok, Desa Apitaik, Kec. Pringgabaya Kab. Lombok Timur
  3. Konfirmasi pengiriman ke kontak person yang sudah ada di atas.

Bagi temen-temen yang ingin mendonasikan dana untuk biaya pembuatan perpustakaan mini

Bisa transfer ke Rekning:

  • Bank BRI a.n. Andriawan Abdi

No. Rekning 473401000337509

Setelah melakukan transfer kami berharap teman-teman mengirimkan bukti transfer melalui email atau WA ke salah satu kontak tim SLC di atas.

Dokumentasi Hasil Gerakan 1000 Buku untuk Lombok dapat dilihat di catatan kami tentang TAMAN  BACA SUDUT LOMBOK

6 COMMENTS

  1. boleh mbk Ija Putri, dengan senang hati monggo..:)
    mohon maaf mbk putri dari mana ya mbk ? kalau sekitaran lombok bisa diajak kumpul Insya Allah..
    saya Alfi Lestari mbk salah satu pengurusnya, nmer sya ada di atas mbk, jika ada yang ingin ditanyakan bisa sms atau WA mbk, terima kasih 🙂

  2. Wah dengan senang hati mba’ Putri. monggo dihubungi mba’ Alfi untuk tau informasi lebih lanjutnya.. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here