Rinjani Menuju “UNESCO GLOBAL GEOPARK”

0
559

Rinjani Menuju “UNESCO GLOBAL GEOPARK”

Sudut Lombok – Dua assessor dari Unesco, yakni Mauricio Burlando dari Italia dan Soo Jae Lee dari Korea Selatan dikabarkan akan datang ke Lombok pada 18-20 Mei 2016 untuk melakukan penilaian terkait pengajuan Rinjani sebagai “UNESCO Global Geopark (UGG)” informasi ini didapatkan dari General Manager Geopark Rinjani Chaerul Maksul di Mataram.

Sperti yang dikutip dari Rinjani Geopark situs resmi UNESCO telah me-release bahwa Geopark Rinjani Lombok telah resmi terdaftar sebagai salah satu applicant UNESCO GGN 2016 bersama dengan 18 Geopark lainnya dari 13 negara. Ini merupakan langkah awal dari Rinjani Geopark dalam usahannya menuju “UNESCO Global Geopark”.

Pengajuan tahun ini Indonesia hanya diwakili oleh Geopark Rinjani Lombok karena Geopark Merangin Jambi dan Geopark Danau Toba harus menunggu 2 tahun pasca ditolaknya (Rejected) kedua geopark tersebut  pada sidang “UNESCO Global Geopark” yang berlangsung di Tokyo – Jepang pada tahun 2015 lalu.

Berikut ini daftar13 Negara  aplicant anggota “UNESCO Global Geopark tahun 2016” :

  1. Geopark Arkan, RRC.
  2. Geopark Zigong, RRC.
  3. Geopark Tungurahua, Ekuador.
  4. Geopark Trollfjell, Norwegia.
  5. Geopark Saga, Islandia.
  6. Geopark Rinjani – Lombok, Indonesia.
  7. Geopark Les Causses du Quercy, Perancis.
  8. Geopark Qeshm, Republik Islam Iran.
  9. Geopark Mourne Cooley Gullion, Irlandia.
  10. Geopark Mixteca Alta, Mexico.
  11. Geopark Lochaber, United Kingdom & Irlandia Utara.
  12. Geopark Leiqiong, RRC.
  13. Geopark Las Lores, Spanyol.
  14. Geopark Keketuohai, RRC.
  15. Geopark Iron Mountains, Republik Chechnya.
  16. Geopark Conea de Tremp-Montsec, Spanyol.
  17. Geopark Comarca Minera, Mexico.
  18. Geopark Cheongsong, Korea Selatan.
  19. Geopark Black Country, United Kingdom & Irlandia Utara.

Terpilihnya Rinjani sebagai salah satu applicant “UNESCO Global Geopark” tentu merupakan sesuatu yang cukup membanggakan dan merupakan langkah yang sangat baik bagi Pariwisata NTB pada umum dan Lombok pada khususnya. Namun Pemerintah Daerah juga harus mempersiapkan segala sesuatunya supaya para Assessor UNESCO berkesan, sehingga mimpi menjadi Geopark Rinjani Lombok sebagai salah satu anggota geopark menjadi kenyataan. Sidang UNESCO Global Geopark pada bulan September 2016 di London – Inggris akan menjadi hari penentuan bagi Geopark Rinjani dan Geopark lain dari 13 Negara apakah mereka lulus atau tidak menjadi anggota baru geopark dunia.

Sumber :

Geopark Rinjani dalam ahttp://rinjanigeopark.com/home/readnews/6/Geopark-Rinjani-Lombok-Resmi-Terdaftar-Sebagai-Aplicant-UNESCO-Global-Geopark-2016 diakses pada tanggal 15 Mei 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here