Peresean (Olahraga Bela Diri Asli Lombok)

0
928

Peresean adalah pertarungan antara dua lelaki kuno yang bersenjatakan tongkat rotan (penjalin) dan berperisai kulit kerbau yang tebal dan keras (perisai disebut ende). Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Peresean termasuk dalam seni tari daerah Lombok.  Petarung dalam Peresean biasanya disebut Pepadu dan wasit disebut Pakembar, Pakembar teridir dari pakembar sedi dan Pakembar tengak yang memimpin peresean. Peresean biasaanya dilakukan di tanah yang lapang.

Peresean (Olahraga Bela Diri Asli Lombok)

Dahulu Peresean digelar untuk melatih ketangkasan suku Sasak dalam mengusir para penjajah. Latar belakang Peresean adalah pelampiasan emosional para raja pada masa lampau ketika menang dalam perang tanding melawan musuh-musuhnya. Selain itu, dahulu Peresean juga termasuk media yang digunakan oleh para pepadu untuk melatih ketangkasan, ketangguhan, dan keberanian dalam bertanding. Konon, Peresean juga sebagai upacara memohon hujan bagi suku Sasak di musim kemarau. Kini, Peresean digelar untuk menyambut tamu atau wisatawan yang berkunjung ke Lombok.

IMG_4781

Uniknya Pepadu (petarung) dalam peresean berasal dari penonton yang menyaksikan acara Peresean. Dalam perosesnya ketika persean mulai Pekembar Tengak mengundang dua orang penonton yang siap bertarung sebagai Pepadu. Setelah didapatkan dua Pepadu. Kedua Pepadu masuk ke arena pertarungan yang berada di daerah yang lapang dan membawa Emat (alat pemukul) dan Ende (Tameng). Sama dengan pertarungan-pertarungan lainnya sebelum pertarungan dimulai Pakembar Tengak menjelaskan terlebih dahulu peraturan pertarungan setelah itu baru pertandingan dimulai. Sementara itu Pakembar Tengak berada di sisi lapangan untuk mengawasi dan memastikan tidak terjadi kecurangan oleh Pepadu. Pemenang Peresean dikethui jika ada salah satu Pepadu yang terluka dan nilai dari juri (nilai tinggi akan didapat jika Pepadu mampu memukul kepala lawan). Setelah pemenang diketahui, Pakembar memanggil penonton lain yang siap bertarung lagi.

Peresean (Olahraga Bela Diri Asli Lombok)Dalam pertarungan Peresean, ada musik pengiring untuk menyemangati para pepadu sekaligus sebagai pengiring kedua pepadu menari. Alat musik yang digunakan sebagai pengiring adalah gong, sepasang kendang, rincik atau simbal, suling dan kanjar

Sumber:

 Presean dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Peresean diakses tanggal 9 Mei 2016

Tarung Peresean (Lombok, Nusa Tenggara Barat) http://melayuonline.com/ind/culture/dig/1752/tarung-peresean- diakses tanggal 9 Mei 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here