Plecing Kangkung Makanan khas lombok

0
665

 Plecing Kangkung

Setiap orang lombok pasti tau yang namanya Pelecing kangkung Lombok, ini adalah makanan khas dari pulau lombok. Bagi masyarakat Lombok, sajian pelecing ini merupakan menu makanan turun-temurun sejak zaman nenek moyang. Tidaklah mengherankan bila di pinggir-pinggir jalan pelecing banyak dijual oleh ibu-ibu untuk dijadikan lauk pauk menjelang santap siang maupun malam. Demikian juga di kedai-kedai kecil, warung makan sampai ke restoran hingga hotel-hotel berbintang di Lombok sudah pasti bisa didapatkan menyajika menu pelecing.

Pelcecing adalah makanan sederhana tapi mempunyai cita rasa yang khas, tidak susah membuatnya, yang penting bahan utamanya sudah ada yaitu Kangkung, tapi ingat, bukan sembarang kangkung. Kangkung yang digunakan haruslah kangkung lombok, karena kangkung Lombok berbeda dengan kangkung daerah lainnya. Penanaman kangkung lombok dilahan perairan seperti sungai yang mengalir dan kolam sehingga sirkulasi air untuk pertumbuhan kangkung menjadi lebih subur.

Plecing Kangkung, belum menginjak Pulau Lombok kalau belum menikmati ayam taliwang dan plecing kangkung. Itu yang sering orang bilang. Memang, plecing kangkung sudah menjadi trademark kuliner pulau ini selain ayam taliwang. Kangkung dari pulau yang berada di provinsi Nusa Tenggara Barat ini memang istimewa, teksturnya yang lembut membuat kangkung lombok ini tidak terasa alot walau kita makan sampai ke batang-batangnya. Makanya tidak heran kalau kangkung menjadi oleh-oleh alternatif dari Pulau Lombok. Plecing kangkung sendiri adalah kangkung rebus yang dibubuhi sambal tomat diatasnya dan disajikan dengan tauge, urap dan kacang tanah. Rasanya? Segar, tapi warning kembali ditujukan buat anda yang tidak terbiasa dengan rasa pedas, hati-hati dengan sambal tomatnya.

Sumber Artikel : https://kmk312kamel.wordpress.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here